Cara Menghapus History di Browser Safari

Safari pada mulanya hanya diperuntukkan khusus untuk sistem operasi Mac OS. Sebelum akhirnya pada tahun 2007, sang pencetus Steve Job mengemukakan bahwa browser buatan Apple Inc. ini tersedia juga untuk sistem operasi Windows. Eksistensi browser Safari di Indonesia mungkin tak sepopuler Chrome ataupun Mozilla. Meski begitu, dengan tampilan bagus dan performa cepatnya Safari sangat layak untuk dijadikan sebagai salah satu browser utama di laptop kita. Safari sama seperti browser-browser internet lainnya, memiliki berbagai fitur yang berfungsi untuk melayani para penggunanya saat berselancar di internet. Salah satu fitur wajibnya tentu menu history atau riwayat dimana semua data penjelajahan kita tersimpan di dalamnya.


History atau riwayat penjelajahan Safari memiliki fungsi yang sama dengan history yang terdapat pada browser internet lain pada umumnya. Selain dapat menyimpan kita pun bisa menghapus data penjelajahan yang otomatis terekam dalam Safari tersebut. Ya terkadang kita juga perlu untuk menghapus history pada sebuah browser, termasuk Safari demi kebutuhan privasi dan sebagainya. Karena ada kabar yang bilang kalau history terlalu penuh bisa berdampak pada kecepatan akses internet suatu browser. Berbagai data penjelajahan yang tersimpan di history pada sebuah browser, bila tak dihapus tanpa terasa akan menumpuk dan memperberat loading browser. Ini cukup berpotensi membuat browser berjalan lebih lambat. Menghapus history di Safari bukan perkara sulit, cara melakukannya amatlah sangat sederhana. Coba simak cara menghapus history di Safari berikut ini:

1. Buka Safari di laptop atau komputer anda.

2. Cari dan pilih menu ‘History’ yang terdapat di menu bar seperti ditunjukkan pada gambar ini.

3. Kemudian pilihlah 'Show All History'
 

3. Akan muncul sebuah tampilan, dan di area yang terlihat dalam gambar di bawah ini disitulah kita akan menghapus berbagai history. Perlu diketahui agar tidak bingung nantinya, bahwa untuk histroy pada Safari itu disamakan dengan yang namanya bookmark.
 

4. Kita bakal dihadapkan pada pilihan tanggal. Itu adalah tanggal data penjalajahan peyimpanan history. Buka dengan cara klik double pada salah satu tanggal yang ingin anda hapus historynya.
 

5. Kemudian berbagai history atau data penjelajahan pada tanggal tersebut akan muncul semuanya. Plih salah satu data penjelajahan yang ingin anda hapus pada history tersebut. Lalu klik kanan dan lagsung pilih ‘Delete’.
 

6. Kita dapat pula menghapus lebih dari satu history sekaligus. Caranya yaitu dengan menyorotnya dengan menekan dan menahan tombol ‘Ctrl’ dan setelah itu lalu klik data histroy yang ingin anda hapus. Jika histroy-history yang ingin dihapus sudah ditandai agar lebih cepat dalam menghapusnya tekan saja langsung tombol ‘Delete’ pada keyboard.

7. Tak hanya itu, jika mau kita bahkan bisa lebih masal lagi menghapus history di Safari. Caranya yaitu ulangi langkah nomor 2-3 diatas. Selanjutnya klik pilih dan klik kanan pada salah satu tanggal history lalu terkahir bisa langsung dihapus atau delete. Finish!

Demikianlah tadi cara menghapus history di Safari, semoga dapat bermanfaat buat anda sekalian. Sampai jumpa dan selalu nantikan postingan-postingan saya berikutnya. Terima kasih!

0 Response to "Cara Menghapus History di Browser Safari"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *