Cara Memasukkan Musik ke PowerPoint 2007

Memasukkan musik ke Powerpoint 2007 adalah salah satu cara keren dalam melakukan presentase. Alasannya sederhana, everybody loves music! Dengan adanya music dalam Powerpoint yang kita presentasekan itu sudah pasti akan menarik perhatian para peserta atau audience. Itu juga merupakan cara efektif untuk menghilangkan rasa bosan. Karena apabila para audience sudah bosan dengan materi presentase yang kita sampaikan, niscaya kita akan dicuekin dan mereka akan sibuk sendiri tak terlalu peduli dengan isi presentase. Kita tidak boleh menyalahkan mereka, sebagai pembicara atau orang yang melakukan presentase kita lah yang harus pandai mencari cara bagaimana mengatasi itu semua.  Musik atau lagu adalah jawabannya. 

Dalam memilih lagu yang ingin dimasukkan ke Powerpoint, kita tidak boleh sesuka hati. Jangan mentang-mentang kita suka dangdut, seenaknya kita memasukkan lagu-lagu dangdut favorit kita ke Powerpoint. Takutnya para audience akan gagal fokus. Bukannya mengikuti presentase, mereka malah asyik berjoget. Pilihlah musik yang sesuai! Masukkan musik yang setidaknya berhubungan dengan materi Powerpoint  yang ingin kita presentasekan. Saran saya agar aman pilih saja musik instrumental atau tanpa suara vokal. Ini dijamin lebih pas, dan sesuaikan pula jenis musik instrumentalnya. Kalau sedih ya pakai musik sedih, kalau semangat ya pakai musik semangat. Well, sekarang saatnya kita balik lagi ke inti utama dari postingan ini yaitu cara memasukkan musik ke Powerpoint 2007. Untuk dapat melakukannya terbilang sangat mudah. Yuk kita simak panduannya. Let’s check this one out!

1. Buka program aplikasi PowerPoint di laptop anda.

2. Setelah laman PowerPoint terbuka pilih menu ‘Insert’ di menu bar.

Ini tampilannya saya perbesar biar lebih jelas.
 

3. Selanjutnya pilih ‘Sound’ dengan lambang loudspeaker seperti di bawah ini.

4. Cari musik atau lagu yang ingin kita masukkan ke dalam Powerpoint. Terserah mau musik apa saja. Rekaman suara pun boleh yang penting formatnya mp3. Kemudian pilih ‘OK’

5. Setelah itu kita akan disuruh memilih bagaimana musik tersebut akan diputar atau dimainkan. Pilihan ‘Automatically’ yaitu musik akan terdengar otomatis sesaat slide dibuka. ‘When Clicked’ yaitu musik akan berputar setelah slide dibuka namun harus diklik terlebih dahulu.
 

6. JIka kita sudah memilih salah satunya, maka sebuah icon berbentuk loudspeaker yang mana itu merupakan musik akan muncul di tampilan laman silde Powerpoint. Icon tersebut bisa kita geser sesuka hati.

7. Tekan tomobl ‘F5’ pada keyboard atau klik tombol menu ‘Slide Show’
 

8. Jika tadi kita memilih ‘Automatically’, maka begitu slide terbuka musik akan langsung terdengar.

8. Namun jika kita memilih ‘When Clicked’, sesaat silde sudah dibuka (tekan F5), kita masih harus mengklik lagi pada icon musik tersebut agar suaranya muncul.
   

9. Selesai! 

Seperti itulah cara lengkap bagaimana memasukkan musik atau lagu ke dalam Powerpoint. Mudah-mudahan dapat berguna buat anda yang sedang membutuhkannya.

3 Responses to "Cara Memasukkan Musik ke PowerPoint 2007"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Siip artikelnya, berguna nih gan. Ane pernah kesulitan masukin lagu kedalam Ms Powerpoint 2007, belum tau caranya saat itu.

    Meskipun ternyata caranya sederhana, tapi belum banyak yang tau memasukkan musik ke dalam slide presentasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan emang simple dan mudah banget caranya.

      Delete

Contact Form

Name

Email *

Message *