Cara Menerima Uang Pembayaran Lewat Paypal

Paypal merupakan salah satu rekening online terbesar dan terpopuler hingga saat ini. Berbagai transaksi online yang berkaitan dengan uang bisa dilakukan dengan mudah bila kita sudah memilki sebuah akun Paypal. Banyak keuntungan yang bisa kita peroleh dari Paypal. Salah satunya yaitu dapat bertransaksi hingga keluar negeri. Manfaatnya benar-benar saya rasakan ketika bisa menerima pembayaran melalui Paypal. Sedikit berbagi pengalaman bahagia, kala itu saya mendapat dollar pertama saya dengan mengikuti salah satu situs survey yang membayar anggotanya. Karena poin saya telah cukup untuk ditukar dengan uang, saya diberi pilihan ingin dikirim dengan cara apa. Disitu untungnya ada pilihan dapat menerima uang lewat Paypal. Betul sekali, selang beberapa hari setelahnya akun Paypal saya sudah terisi oleh dollar dari situs survet tersebut. 

Berhubung itu adalah transaksi perdana, ternyata rekening Paypal saya tidak langsung otomatis menerima transferan yang dikirimkan dari akun Paypal lain. Sesaat setelah Paypal saya dikirimi uang, saya harus mengkonfirmasinya terlebih dahulu agar dapat menerima uang tersebut. Jika tidak dikonfirmasi dalam waktu 30 hari, uang yang dikirimkan ke Paypal tadi, akan dikembalikan kepada pengirimnya. Hal yang saya rasa semua pengguna Paypal pernah alami ketika pertama kali menerima kiriman uang di Paypal miliknya. Dalam postingan kali ini saya akan membagikan tips bagaimana cara menerima uang lewat Paypal dengan mengikuti step-stepnya dari awal hingga akhir. Berikut panduannya!

1. Sebelum menerima uang di Paypal, kita wajib memberitau email Paypal kita kepada si pengirim yang akan mentransfer uang. Pastikan emailnya adalah email utama yang dipakai untuk mengakses Paypal. Melalui email tersebutlah si pengirim bisa mengrimkan uangnya ke akun Paypal kita. Ini fungsinya mirip dengan nomor rekening pada bank lokal.

2. Jika akun Paypal kita telah dikirimi uang, maka kita akan mendapat email pemberitahuan di kotak masuk email yang kita gunakan tersebut. Isinya berupa permintaan konfirmasi untuk menolak atau menerimanya. Kita wajib mengkonfirmasinya paling lambat dalam jangka waktu 30 hari. 

3. Cara untuk mengkonfirmasi pembayaran Paypal yaitu bisa dengan mengkilk pada link yang diberikan via email ataupun bisa langsung dengan mengakses akun Paypal milik kita. Keduanya sama saja. Namun saya lebih condong untuk langsung log in Paypal.

4. Bila melalui link di email, tampilan Paypal biasanya akan seperti ini.

5. Bila langsung log in, tampilan Paypal biasanya akan seperti ini.

6. Pilih menu ‘Pembayaran Diterima’

7. Pada ‘Status Pesanan/Tindakan’ klik tombol ‘Terima’

Ini gambarnya saya perbesar biar lebih jelas

8. Selanjutnya kita disuruh memilih untuk menolak atau menerima kiriman uang tersebut.

9. Masih belum selesai. Karena mata uang yang dikirimkan berbeda dengan mata uang akun Paypal saya. Saya disuruh untuk memilih 3 pilihan lagi apakah ingin langsung menerima dan mengkonversinya (contoh punya saya itu dollar Singapore SGD ke dollar Amerika USD), menerima dan mengubah mata uang sesuai yang dikirimkan, atau menolaknya. Disini saya lebih suka untuk mengkonversinya sesuai mata uang akun Paypal saya yakni USD. Kalau mata uang yang dikirimkan sama dengan mata uang Paypal kita step ini biasanya tidak muncul.

10. Jika sudah dipilih, terakhir langsung klik tombol ‘Kirimkan’.

11. Selesai! Uang tadi pun akhirnya berhasil kita terima lewat Paypal. Statusnya dapat kita lihat pada tampilan dibawah ini yang bertuliskan ‘Pembayaran Diterima’.

Itulah tadi mengenai cara yang saya gunakan dalam menerima uang di Paypal untuk pertama kali. Seterusnya ketika ada uang lagi yang akan masuk ke akun Paypal kita, itu akan otomatis diterima tanpa harus melakukan konfirmasi lagi.

9 Responses to "Cara Menerima Uang Pembayaran Lewat Paypal"

  1. Replies
    1. Kalo paypal blm bs nerima uang itu knp y gan.soalny bru bikin akun paypal ni buat pembayaran whaff.ad solusi ny g?. Thanks y

      Delete
    2. Saya rasa jika data yang anda beri ke whaff tentang akun Paypal anda benar, itu pasti akan bisa terima pembayaran.

      Delete
  2. Gan mau tanyA dong. Saya punya akun paypal, tapi saya tidak punya kartu kredit. Teman saya mau kirim uang dari luar. Apa bisa saya terima ke paypal? Terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu bisa, kekurangan akun Paypal yang belum verified itu adalah limit ketika mau withdraw ke Bank yang tidak bisa lebih dari sekitar 10 juta rupiah.

      Delete
  3. Oh begitu. Misalkan saldonya says keep di PayPal aman yah gan? Kalo says udah punya kartu kredit saya baru masukan kartu kredit saya ke paypal lalu tinggal di transfer dari paypal ke kartu kredit. Gitu gan? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namun jika anda memang masih ragu, lakukan dahulu transaksi dalam jumlah yang kecil atau tidak terlalu besar. Sebagai antisipasi atau pembelajaran saja :)

      Delete
  4. Gan, ane kan baru mau bikin akun paypal. Pas daftar ada pilihan "Membeli dengan menggunakan PayPal" atau "Menerima pembayaran menggunakan PayPal". Bedanya apa ya? Mohon penjelasannya.

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *