Cara Memperkecil Ukuran Video Dengan Cyko

Cyko adalah sebuah software yang dibuat khusus untuk memperkecil ukuran video. Dengan menggunakan software ini kita bisa banyak mengurangi size berat dari sebuah video. Tidak hanya itu kualitas yang dihasilkan juga tak jauh berbeda denga video aslinya. Saya sebagai orang yang senang upload video ke Youtube sangat terbantu dengan adanya software  ini. Tujuannya tak lain dan tak bukan adalah untuk menghemat kuota internet. Karena semakin besar ukuran atau berat dari sebuah video yang kita upload, maka semakin besar pula kuota yang dihabiskan untuk itu. Apalagi bila mengingat kebijakan para penyedia provider internet di Indonesia, mereka selalu memberi batas kuota untuk para pelanggannya. Jika mau kuota besar maka kita harus membayar lebih. Sehingga sudah seharusnya para pengguna internet terutama yang hobi upload video mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Salah satu caranya ya tentu dengan memperkecil ukuran video yang ingin kita upload.


Cara memperkecil ukuran video dengan Cyko memilki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Selain gratis dan bisa kita dapatkan dengan mudah di internet, kelebihan Cyko yaitu dapat memperkecil ukuran video dengan amat sangat drastis namun tetap menjaga kualitas yang tak kalah bagus dengan video aslinya. Tetapi Cyko juga punya kekurangan yang membuat software ini sering tak direkomendasikan sebagai software pengecil ukuran video terbaik. Itu disebabkan karena bila kita ingin memperkecil ukuran video yang ukurannya sangat besar hingga ratusan MB apalagi GB maka waktu yang dibutuhkan sangatlah lama sampai hitungan puluhan menit bahkan jam. Jadi, Cyko hanya saya rekomendasikan untuk video yang ukurannya kurang dari 100 MB saja. Terlepas dari kelebihan dan kekurangan Cyko, berikut akan saya sampaikan cara menggunakan software pengecil ukuran video ini:

1. Buka atau jalankan aplikasi Cyko. 

2. Lalu pilih ‘Add Source Files’

3. Cari dan pilih video yang ingin dikecilkan ukurannya. Contohnya video saya ini ukurannya 61.816 KB atau sekitar 61 MB. Setelah itu klik ‘Open’

4. Video sudah muncul.

5. Setelah itu pilih ‘Options’

6. Akan tampil berbagai kolom yang perlu diisi seperti di bawah ini.

7. Isikan data-datanya dengan ukuran seperti ini:
‘Value’ = 26
‘Height’ (Pixel) = 480
‘Audi Bitrate’ = 50
Preset = Pilih High Quality.

8. Jika sudah, selanjutnya yaitu klik ‘Scan Audio Tracks Count Then Put Parameters To Outputs’

9. Tunggu hingga proses scan selesai. Ini gak lama paling beberapa detik.

10. Bila ada pemberitahuan ‘Scanning Done’, pilih ‘Ok’

11. Kemudian kita akan dibawa ke menu ‘Outputs’ dan lalu pilih ‘Encode’

12. Tunggu hingga proses pengecilan video selesai. Lamanya tergantung berat dari video.

13. Ketika sudah selesai Cyko akan memberitahukan kita dengan menampilkan tulisan ‘Encoding Done’. Langsung pilih ‘OK’

14. Selesai! Untuk melihat hasil videonya, coba cari di lokasi folder yang ditunjukkan atau biasanya akan ada dalam folder dimana Cyko diinstal atau diextract.

Lihatlah contoh video yang saya kecilkan ukurannya. Video yang tadinya berukuran 61.816 KB kini hanya berukuran 4.504 KB.
 
Wow sangat keren bukan? Anda pasti sudah tak sabar lagi untuk langsung mengecilkan ukuran video dengan Cyko ini. Silahkan saja dicoba dengan mengikuti panduan yang telah saya berikan di atas.

0 Response to "Cara Memperkecil Ukuran Video Dengan Cyko"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *