Cara Membuat Folder Aplikasi di Android

Membuat folder aplikasi di android berfungsi untuk menyusun berbagai aplikasi yang telah diinstall atau dipasang pada hp android. Bisa dibayangkan betapa kacaunya tampilan layar android kita bila penuh dengan icon-icon aplikasi yang begitu banyak dan berserakan. Selain membuat tampilan android kita tak sedap dipandang mata, hal itu sedikit banyaknya akan mempengaruhi kinerja android. Diantaranya yaitu memperberat sistem sehingga android butuh energi ekstra untuk menampilkan aplikasi-aplikasi tersebut. Imbasnya tentu menguras daya baterai. Melihat dari permasalah tersebut sudah seharusnya kita tau bagaimana cara  membuat folder aplikasi di android. Karena dengan adanya folder aplikasi di android itu juga akan membantu dan mempermudah para penggunanya dalam mencari aplikasi yang diinginkan. Semisal jika mau main game, cari saja di folder aplikasi game android. Mau buka aplikasi facebook ataupun twitter, cari saja di folder aplikasi sosial media, dan sebagainya. 

Cara membuat folder aplikasi di android sebenarnya tidaklah sulit. Seperti yang sering saya bilang sebelumnya bahwa yang bikin sulit itu karena kita tidak tau caranya. Tenang sobat, itu bukan berarti anda gaptek karena semua itu memang butuh proses. Saya dan banyak pengguna android lainnya pernah merasakan apa yang anda alami saat ini. Perbedaannya kala itu saya cukup kesulitan mencari tau tentang cara membuat folder aplikasi di android. Belum banyak blog Indonesia yang bahas, alhasil panduannya pun saya dapat dari situs luar negeri berbahasa inggris. Sekarang anda sudah enak, karena sudah banyak blog ataupun website lokal termasuk juga blog yang sedang anda baca ini membahas cara membuat folder aplikasi di android. Okelah sobat, langsung saja yuk kita lihat tutorial  cara membuat folder aplikasi di android berikut ini.

Dalam panduan cara membuat folder aplikasi di android kali ini, saya akan mencontohkan untuk membuat folder yang berisikan aplikasi-aplikasi sosial media seperti terlihat pada gambar di bawah ini.


1. Lankah pertama yaitu tap dan tahan pada salah satu aplikasi. Kemudian seret aplikasi tersebut ke areal aplikasi lain.

2. Ini seolah-olah kita ingin memasukkan atau menyatukan sebuah aplikasi ke aplikasi lainnya.

3. Sampai tahap ini sebenarnya kita telah berhasil membuat folder aplikasi di android. Bisa anda lihat hasilnya seperti di bawah ini.
 

4. Selanjutnya anda bisa memasukkan aplikasi-aplikasi lainnya dengan cara yang lebih kurang sama. Tap dan tahan pada salah satu aplikasi, lalu seret dan setelah itu lepaskan ke areal folder.

5. Jika semua aplikasi yang ingin dimasukkan telah terdapat dalam folder. Hal berikutnya yang tak kalah penting adalah membuat nama folder aplikasi android tersebut. Caranya yaitu masuk pada folder, dengan memilih atau tap pada area folder.

6. Pilih atau  tap tepat di areal nama folder aplikasi tersebut.

7. Ubah nama folder sesuai keinginan anda. 

8. Contohnya saya memberikan nama media sosial pada folder aplikasi android ini.

9. Selesai! Anda bisa keluar dari folder tersebut dan melihat hasilnya.

Bagaimana sobat sangat mudah kan cara membuat folder aplikasi di android. Mudah-mudahan postingan saya ini dapat bermanfaat untuk anda sekalian. Biar lebih efektif, baca panduan diatas sambl dipraktekin ya. Semoga sukses!

2 Responses to "Cara Membuat Folder Aplikasi di Android"

Contact Form

Name

Email *

Message *