Tata Cara Akses Internet

Internet pada era digital sekarang ini telah menjadi kebutuhan mendasar bagi semua orang terutama di kota-kota besar. Dan tidak hanya di negara maju, negara-negara berkembang seperti Indonesia pun masyarakatnya sudah sangat akrab dengan yang namanya internet. Perkembangan internet di seluruh dunia terbilang sangatlah cepat. Bayangkan sejak diperkenalkan pertama kali oleh ARPANET sekitar tahun 1969-1972 lalu, kini internet telah menjelma menjadi kebutuhan primer alias kebutuhan pokok bagi kebanyakan orang. Keberadaan internet memang sangatlah membantu kehidupan manusia. Jjika kita lihat, internet begitu berjasa dalam menghemat waktu dan biaya bagi setiap penggunanya. Sehingga tak heran memang apabila internet mampu berkembang dengan cepat karena manfaatnya yang banyak tersebut.

Tata Cara Akses Internet

Dalam menggunakan internet, tata cara akses internet perlu kita ketahui dan pahami supaya ketika ingin memakai internet, kita tidak akan menemukan kesulitan lagi untuk akses internet. Di postingan saya kali ini berisi istilah-istilah yang disertai dengan langkah-langkah tentang bagaimana tata cara akses internet. Sehingga saya harap ini dapat membantu anda sekalian dalam memahami tata cara untuk akses internet. Berikut akan saya jabarkan berbagai istilah dan tata cara untuk akses internet:

1. Internet Service Provider (ISP)
Internet Service Provider atau lebih sering disingkat ISP ialah suatu perusahaan penyedia jasa layanan internet baik skala perorangan maupun skala kelompok, seperti di perkantoran dan lain sebagainya.

Berbagai jenis koneksi akses internet yang disediakan oleh Internet Service Provider (ISP) :

IP connection
Apabila perangkat hardware dan software ingin dapat digunakan untuk akses internet, IP address adalah hal wajib yang sangat dibutuhkan.

Dial-up connection
Apabila memakai modem untuk dial ke ISP supaya dapat akses internet, maka hal itu disebut akses dial-up.

Ditinjau dari sifatnya, ISP dapat diklasifikasikan menjadi ISP Tertutup dan ISP Terbuka:

ISP Tertutup
Yaitu ISP yang menyediakan layanan koneksi akses internet hanya terbatas pada jaringan lokal
dalam suatu lembaga tertentu saja.

ISP Terbuka
Yaitu ISP yang menyediakan layanan koneksi akses internet secara terbuka dan dapat diakses untuk masyarakat luas. Indonesia memiliki beberapa ISP yang memberikan layanan akses internet, antara lain seperti Indonet, Satelindo, Centrin Internet, LinkNet, telkomNet, dsb.

2. Perhitungan Biaya Internet
Metode perhitungan biaya menggunakan koneksi akses Internet ISP dibagi menjadi tiga bagian, diantaranya Volume Based, Time Based, dan Flat Rate/Unlimited.

Volume Based
Yaitu perhitungan biaya koneksi Internet yang berdasarkan pada seberapa banyak jumlah data yang diambil melalui Internet.

Time Based
Yaitu perhitungan biaya koneksi akses internet yang berdasarkan pada belapa lama waktu yang digunakan dalam menggunakan Internet.

Flat Rate/Unlimited
Yaitu perhitungan biaya koneksi akses internet yang TIDAK berdasarkan pada seberapa banyak jumlah data yang diambil maupun berapa lama waktu untuk menggunakan Internet.

3. Layanan Internet Srvice Provider (ISP)
ISP berjalan sesuai dengan kebutuhan pengguna dalam mengakses internet kapan dan dimanapun mereka berada. ISP selalu mengupayakan pemberiam layanan maksimal bagi para penggunanya. 

Berbagai jenis layanan ISP antara lain :

-Dial-up
merupakan layanan koneksi akses Internet dengan memakai modem dial-up yang dihubungkan pada line telepon. Penggunaan akses dial-up diagi menjadi empat, yakni Personal dial-up, Corporate dial-up, Night Server Access, dan LAN dial-up ISDN.

-Mobile Access
merupakan layanan koneksi akses Internet dengan menggunakan ponsel atau telepon seluler.

-Hotspot
merupakan layanan koneksi akses internet dengan lokasi terbatas atau hanya pada lokasi tertentu.

-Wireless
merupakan layanan koneksi akses internet tanpa menggunakan kabel.

-Dedicated Connection
Merupakan layanan koneksi akses Internet 24 jam sehari dalam seminggu.

4. Setting Modem Dial-UP
Perangkat keras yang digunakan untuk koneksi akses Internet wajib sudah terinstall di komputer sebelum melakukan sambungan ke ISP. Jika jenis modem merupakan modem internal, pasangkan terlebih dahulu modem tersebut pada slot ekspansi yang ada di mainboard. Namun jika jenis modem yang dipakai merupakan modem eksternal, hubungkan dulu kabel modem pada communication port dan setelah itu aktifkan modem.

5. Setting koneksi ke ISP
Apabila perangkat yang diperlukan telah siap, maka sistem operasi komputer juga sudah siap pula untuk digunakan.

6. Koneksi ke Internet
Tata cara untuk melakukannya adalah sebagai berikut:
- Pilih menu “Start” dan lalu arahkan pointer mouse pada “Connet To”
- Pilih dan klik nama koneksi akses internet ISP ( contohnya Telkomnet@instan )
- Lalu akan muncul jendela “Connect To Telkomnet@instan”
- Terakhir klik Dial, dan tunggulah hingga proses koneksi selesai.

7. Akses Internet Melalui Perangkat Mobile
Saat ini ada dua jenis koneksi akses internet dengan menggunakan perangkat mobile atau ponsel yaitu GSM dan CDMA.

Handphone GSM
GPRS bisa dihubungkan untuk akses Internet dimana pun kita berada. Dengan cara mengaktifkan fitur layanan GPRS bersangkutan dan lalu tinggal setting GPRS. Penyedia layanan internet GSM di Indonesia  diantaranya seperti XL, 3, Indosat, Telkomsel ,dsb.

Handphone CDMA
Untuk teknologi handphone CDMA bisa juga dipakai untuk akses Internet. Dan penyedia layanannya antara  lain seperti PT Telkom lewat layanan Flexi dan Indosat lewat layanan Star One.

8. Cara Akses Internet dan Localhost

Perbedaan Internet dan Localhost
-Internet yang merupakan kepanjangan dari Interconnected Network adalah server jaringan global yang dapat diakses oleh semua komputer di dunia dengan memakai kelas IP yang berbeda.
-Localhost ialah server jaringan lokal yang hanya dapat diakses oleh komputer pada jaringan terbatas atau lokal tertentu dengan kelas IP sama. Dalam mengakses Internet dan localhost dilakukan dengan memakai bahasa protocol yang sejenis, yakni Hyper Text Transfer Protocol (HTTP). Web host internet disimpan pada komputer yang bisa diakses oleh semua komputer yang terkoneksi jaringan internet.

Akses Internet dan Localhost
Dalam mengakses Internet dan localhost memakai cara yang sama. Protokol yang dipakai ialah IP. Web browser yang digunakan adalah Internet Exploler, mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, dsb.

Membuat Localhost
Localhost pada komputer server diperuntukkan sebagai sarana media pembelajaran yang interaktif. Dalam membuat localhost ada beberapa software yang diperlukan, cotohnya pada sistem operasi Windows 2000 server dengan memakai Internet Information Server yang telah terintegrasi. 

0 Response to "Tata Cara Akses Internet"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *