Cara Menghapus Virus Shortcut di Flashdisk dan Laptop

Cara menghapus virus shortcut di flashdisk dan laptop memang sering sekali dicari oleh banyak orang. Ya, karena setiap orang yang punya flashdisk ataupun laptop pasti pernah ataupun suatu saat bisa berpotensi terserang Virus shortcut (kecuali flashdisk dan laptopnya tidak pernah dipakai). Saya sendiri pernah mengalami betapa menyebalkannya saat flashdisk dan laptop kesayangan terjangkit virus ini. Itu berawal di era akhir semester kuliah, maklum pada saat itu kan setiap anak kuliahan lagi sibuk-sibuknya menyelesaikan tugas akhir skripsi. Jadi ya pasti copy mengcopy file data dari satu teman ke teman lainnya lumrah terjadi. Dan alat yang paling sering diigunakan untuk hal tersebut tentunya flashdisk dan laptop. Sayangnya, salah satu flashdisk teman yang ingin mengcopy file dan data dari laptop saya ternyata mempunyai VIRUS SHORTCUT! Jadi, ya otomatis kalau laptop saya juga terserang virus shortcut ini.

Cara Menghapus Virus Shortcut di Flashdisk dan Laptop

Virus Shortcut umumnya ditandai dengan kemunculan bacaan 'Removable Disk' setiap kali mencolokkan flashdisk ke port usb laptop. Itu bisa dua kemungkinan yang pertama flashdisknya yang terjangkit virus shortcut. Kedua, bisa jadi lubang dan port usb laptopnya yang sudah terkandung virus shortcut. Dan Jika memang laptop yang terjangkit virus shortcut, ini baru berbahaya. Karena apa? Karena selain flashdik, setiap kali kita mencolokkan kabel usb baik ponsel, kamera digital, dan lain sebagainya itu kemungkinan besar akan tertular virus shortcut juga.   

Virus Shortcut sangatlah  unik sekaligus menjengkelkan, karena virus shortcut bukanlah virus sembarangan yang bisa dengan mudah dhapus begitu saja. Berbagai cara sudah pernah saya lakukan untuk menghapus virus shortcut ini dan hasilnya gagal total. Seperti halnya cara menghapus virus shortcut yang saya temukan di banyak blog, website, maupun forum intrnet. Mereka selalu menyuruh untuk memakai kode inilah kode itulah, setting inilah setting itulah, install inilah install itulah, yang ternyata tidak berhasil! Virus Shortcut di flashdisk dan laptop saya tidak juga terhapus yang ada malah muncul terus-terusan. Bahkan tidak enaknya ada juga yang menyarankan cara terakhir yaitu untuk install ulang saja laptopnya. Namun, saya bukanlah tipe orang yang mudah menyerah, dan alhamdulillah ada satu postingan keren dari seorang blogger mengenai cara menghapus virus shortcut yang terbukti ampuh menghapus virus shortcut di flashdisk dan laptop. Berikut saya akan jelaskan satu persatu mengenai cara menghapus virus shortcut di flashdisk dan cara menghapus virus  shortcut di laptop:

Cara Menghapus Virus Shortcut di Laptop

1. Download Smadav di http://www.smadav.net/download.

2. Install Smadav di laptop anda.

3. Scan seluruh data di dalam komputer anda menggunakan Smadav sampai selesai.

4. Pasti akan terdeteksi virus yang disuruh untuk dibersihkan. Langsung bersihkan tanpa ampun!

5. Selesai! Laptop anda kini 100% terbebaskan dari virus shortcut

Cara Menghapus Virus Shortcut di Flashdisk

1. Pastikan laptop anda sudah terinstall Smadav

2. Colokkan flashdisk yang terjangkit virus shortcut

3. Scan flashdisk tadi dengan menggunakan Smadav.

4. Pasti akan terdeteksi virus yang disuruh dibersihkan. Sama seperti tadi, langsung bersihkan!

5. Selesai! Virus Shortcut telah hilang dari flashdisk anda.

CATATAN PENTING!!! Untuk menghapus virus shortcut di flashdisk sebaiknya seluruh data penting di dalam flashdisk tersebut dibackup dulu. Caranya? Copy semua data flashdisk ke laptop anda namun laptop anda jangan diinstall dulu dengan Smadav. Nah, jika seluruh data penting flahdisk sudah berada di laptop, barulah cabut flashdisknya dan install Smadavnya. Lalu Ikuti langkah diatas.

Saya juga telah membuat berbagai daftar Pertanyaan (P) dan Jawaban (J) seputar Cara Menghapus Virus Shortcut di Flashdisk dan Laptop yang mungkin juga anda ingin ketahui:

P: Gan, emang wajib ya menghapus virus shortcut pake Smadav?
J: Tergantung sih gan, kalo ada cara lain dan software yang lebih ampuh kenapa enggak.. intinya daripada ribet pakai kode cmd dan sebagainya lebih baik pake Smadav. Sudah saya buktikan sendiri. 

P: Gan, saya kurang suka pake Smadav untuk menghapus virus shortcut soalnya saya sudah pakai antivirus lain, kekmana dong?
J: Ya enggak masalah gan, kalo virus shortcutnya udah berhasil dihilangkan pake Smadav, ya tinggal hapus dan uninstall aja Smadavnya (habis manis sepah dibuang)
P: Lah, nanti ane takut Virus Shortcutnya hidup lagi?!
J: Tenang gan, Virus Shortcut tidak akan muncul kembali. Sudah saya buktikan sendiri. Jurus edo tensei Virus Shortcut tidak akan berjalan kecuali ente colokkan lagi flashdisk bervirus shortcut ke laptop ente yang belum punya Smadav.

P: Gan, saya tidak bisa backup alias mengcopy data flashdisk ke latop soalnya flashdisk gak bisa terbuka.
J: Oh, itu berarti selain kena virus shortcut berarti datanya juga kehidden (tersembunyi). Cara membukanya? Nah, googling aja dengan kata kunci cara membuka flashdisk yang terhidden dan sebagainya. 

P: Ribet amat sih harus pake software segala untuk menghapus virus shortcut, apa gak ada yang tanpa software?!
J: Yap, saya dulu waktu pertama kali kenal dengan virus shprtcut juga punya pikiran seperti anda. Namun akhirnya susah-susah sendiri. Tak ada yang ribet sebenarnya.  Kita cuma download, install, scan, dan hapus. Kalo memang gak suka pake smadav seperti saya bilang tadi tinggal uninstall aja.

Demikianlah tadi artikel saya mengenai cara menghapus virus shortcut di flashdisk dan laptop. Semoga dengan cara dan pengalaman yang telah saya berikan tersebut dapat membantu anda yang flashdisk ataupun laptopnya sedang terserang oleh virus shortcut.

2 Responses to "Cara Menghapus Virus Shortcut di Flashdisk dan Laptop"

Contact Form

Name

Email *

Message *