Cara Mengatasi Modem Panas Saat Digunakan

Sebagai pengguna internet yang memakai modem, kita sering dikhawatirkan dengan kondisi modem yang panas saat digunakan. Seberapa canggih pun teknologi suatu modem, modem yang kita gunakan cepat atau lambat pasti akan panas juga nantinya. Apalagi seperti saya yang selalu berlama-lama memakai modem untuk mengakses internet. Jika tak pandai memutar otak maka modem yang saya gunakan pastilah akan cepat panas. Apabila modem panas, sedikit banyaknya akan mempengaruhi kinerja modem ketika mengakses internet. Modem panas speed turun berdampak pada kecepatan internet. Benar sekali, modem panas akan membuat internet menjadi lambat dan lemot. Hal yang paling dibenci para pengguna internet di seluruh dunia, karena cuma orang yang kurang waras yang suka dengan internet lemot. Selain itu, modem panas juga bakal sangat menyusahkan kita karena membuat jaringan internet selalu disconnect alias mati. Dan parahnya lagi jika modem dalam keadaan panas banget terus-terusan, itu bisa berpotensi membuat modem rusak. Sesuatu yang sangat kita hindari sebab kalau modem sudah rusak sulit untuk diperbaiki dan ujung-ujungnya harus beli modem baru. Oleh karena itu kita harus mengetahui bagaimana cara mengatasi modem panas saat digunakan.


Ada beberapa alat yang harus kita siapkan untuk membuat modem tidak panas. Alat yang paling utama tentunya adalah sebuah kipas. Kipas yang kita akan gunakan disini adalah kipas laptop. Karena biayanya tentu lebih murah daripada kipas angin biasa. Selain bawaan ataupun bonus dari laptop yang kita beli, kipas laptop juga bisa kita dapatkan di toko-toko barang-barang elektronik terutama penjual perangkat komputer. Pilih kipas laptop yang ukurannya kecil dan tapa lampu agar lebih hemat energi. Contoh kipas laptop yang saya gunakan untuk dijadikan kipas modem adalah seperti gambar di bawah ini.


Alat kedua yang tak kalah penting untuk mengatasi modem agar tidak panas adalah kabel cabang port usb. Sama seperti kipas laptop tadi, kabel cabang port usb dapat kita beli di toko-toko penjual perangkat komputer. Contoh kabel cabang port usb yang saya beli ini memilki empat lubang port usb.

 

Nah, ketika kita telah memilki alat-alat untuk mengatasi modem panas tersebut, kini tiba saatnya saya jelaskan cara mengatasi modem panas dengan menggunakan alat-alat tersebut:

1. Colokkan atau hubungkan kabel cabang port usb ke lubang port usb pada laptop ataupun komputer.

2. Setelah kabel cabang port usb terhubung ke laptop, selanjutnya colokkan kabel pada kipas laptop ke salah satu lubang cabang port usb. Lihat penerapannya seperti gambar di bawah ini.

3. Terakhir kita bisa langsung colokkan modem ke salah satu lubang pada port usb cabang tadi.
 

4. Selesai! Sehingga tampilannya akan terlihat seperti ini.

Itulah cara yang setiap harinya selalu saya lakukan agar membuat modem saya tidak panas. Mau main berjam-jam pun modem kita tidak akan panas dengan mengikuti cara tersebut. Mungkin anda berpikir bahwa menggunakan kipas laptop untuk mengatasi modem panas terlalu ribet. Anda tidak salah namun anda juga tidak benar. Saya dulu pernah mencoba mengatasi modem panas tanpa kipas dengan mengikuti cara yang diberikan di berbagai blog ataupun forum internet, tetapi modem saya tetap saja panas. Jadi saya sarankan berkorban biaya lah sedikit untuk membeli alat-alat yang saya sebutkan di atas. Hasilnya sangat memuaskan dan sudah terbukti ampuh dalam mencegah dan mengatasi modem yang panas.

0 Response to "Cara Mengatasi Modem Panas Saat Digunakan"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *