Cara Format Flashdisk yang Tidak Bisa Diformat

Terdapat berbagai alasan bagi seseorang untuk memformat flashdisk miliknya. Format flashdisk terkadang dilakukan karena keinginan sendiri pemiliknya agar flashdisk tersebut bersih total hingga bisa berfungsi seperti baru kembali karena tidak menyisakan satu pun data di dalamnya. Namun, alasan umum untuk orang mau memformat flashdisk adalah karena keterpaksaan. Virus membandel di dalam flashdisk adalah pemicu yang sering  diakui seseorang mau tidak mau harus format flashdisk. Dengan melakukan format flashdisk niscaya virus akan hilang walau dampak buruknya semua data di flashdisk juga akan hilang.

Cara Format Flashdisk yang Tidak Bisa Diformat


Cara format flashdisk sebenarnya gampang, tinggal masukkan atau colokkan flashdisk pada laptop. Lalu klik kanan pada areal  Local flashdisk, dan terakhir pilih format. Sayangnya cara itu hanya bisa dilakukan jika flashdisk dalam kondisi mormal. Bila flashdisk menyalah alias error sering kali flashdisk tidak bisa diformat. Sehingga kita harus menemukan alternatif lain dalam memformat flashdisk. Nah, dari pengalaman dan banyak kasus yang terjadi, flashdisk yang tidak bisa diformat ternyata ada penyebabnya. Flashdisk yang tidak bisa diformat pada umumnya karena flashdisk write protection. Kita harus menangani dulu write protection pada flashdisk agar flashdisk bisa diformat. Berikut adalah cara format flashdisk yang tidak bisa diformat:

1. Colokkan flashdisk pada laptop

2. Jalankan “Run” pada laptop anda

3. Cara memunculkan “Run” yaitu klik menu Start lalu pada kotak pencarian tulis saja “run” (tanpa tanda petik)

4. Akan muncul “Run” langsung pilih dan klik

5. Tuliskan “regedit” (tanpa tanda petik) lalu pilih Ok atau tekan Enter

6. Setelah muncul tampilan kotak baru, cari write protected. Cara mudahnya tekan Ctrl+F pada tombol keyboard lalu tulislah “wrte protected” (tanpa tanda petik). Lalu pilih Find Next.

7. Kemudian cari dan klik kanan pada bacaan “write protected” lalu pilih hapus dan tekan Oke.

8. Flashdisk sudah terbebas dari write protected.

9. Tutup atau close semua program

10. Cabut flashdisk dari laptop anda, lalu restart laptop anda.

11. Colokkan kembali flashdisk dan setelah itu format kembali flashdisk untuk menyempurnakan. 

12. Selesai!

Dalam kondisi tertentu cara format flashdisk yang tidak bisa diformat diatas mungkin saja tidak berhasil, tetapi jangan khawatir masih ada cara lain yaitu dengan memformat flashdisk disaat laptop atau komputer anda sedang booting. Caranya yaitu: 

1. Flashdisk dalam keadaan tercolok di laptop atau komputer.

2. Restart laptop atau komputer anda

3. Saat proses booting berlangsung, langsung tekan tombol F8 pada keyboard

4. Pilih Savemode dan kemudian barulah format flashdisk. 

Itulah tadi mengenai cara format flashdisk yang tidak bisa diformat, semoga dapat bermanfaat untuk anda yang ingin memformat flashdisk tapi flashdisknya tidak bisa diformat.

0 Response to "Cara Format Flashdisk yang Tidak Bisa Diformat"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *